Pages

Rahasia Stamina dari Ubi Merah

Rahasia Stamina dari Ubi Merah

Urin pengonsumsi ubi merah seringkali berwarna ungu atau disebut 'beeturia'.

Senin, 4 Juli 2011, 13:38 WIB
Anda Nurlaila, Febry Abbdinnah
Ubi merah (sacatomato.com)
 
VIVAnews - Berolahraga dan bekerja kerap kali menyebabkan stamina merosot. Jangan terburu-buru mengonsumsi minuman penambah stamina yang beredar luas di pasar. Rutin mengonsumsi jus ubi merah akan meningkatkan stamina.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Exeter, ubi merah terbukti menambah stamina pada pengendara sepeda. Jus berwarna tersebut dapat memberikan dorongan stamina sehingga mampu memotong waktu tempuh.

Tidak hanya itu, ubi merah juga dapat menurunkan tekanan darah, menangkal demensia yaitu penurunan fungsional yang disebabkan oleh kelainan otak. Bahkan, dapat memberikan ekstra energi bagi paruh baya tetap aktif menjalankan hari-hari tua mereka.

Rahasianya terdapat pada kandungan nitrit yang melimpah di dalamnya. Seperti dilansir dari laman Daily Mail, nitrit bekerja melebarkan pembuluh darah, mempercepat aliran oksigen termasuk di dalam otak, dan memungkinkan terikatnya oksigen lebih banyak ketika bernapas.

Pada penelitian teranyar, tim peneliti Exeter meminta sembilan pesepeda bersaing waktu tempuh dalam jarak 4 km hingga 16 km. Sebelum pertandingan, mereka meminum kurang dari setengah liter jus ubi merah. Mereka diminta untuk mengulang pertandingan dengan meminum jus ubi merah yang telah hilang kandungan nitrit-nya.

Pesepeda meminum jus yang kaya akan kandungan nitrit, lebih cepat 11 detik pada pada rute terpendek, dan 45 detik lebih cepat pada rute terpanjang.

Pengujian yang diterbitkan pada the journal Medicine and Science in Sports and Exercise ini membuktikan bahwa nitrit memungkinan otot dan jantung mereka bekerja lebih efisien.

"Temuan ini menunjukkan peningkatan kinerja tubuh yang dapat membuat perbedaan," ujar Professor Andrew Jones, salah satu peneliti. Dengan penggunaan oksigen yang lebih baik, Jones menambahkan, orang lanjut usia dapat menjalankan aktivitas sehari-hari tanpa hambatan.

Namun, jangan kaget jika usai mengonsumsi sayuran ini, urin Anda berwarna ungu. Bagi sebagian orang hal ini kerap terjadi sebagai akibat sifat gen. Para ilmuwan mengenal urin ungu ini dengan sebutan 'beeturia'.
• VIVAnews

0 komentar:

Posting Komentar