Pages

Otak pun Butuh Istirahat 20 Menit

Otak pun Butuh Istirahat 20 Menit

Desika Pemita
27/07/2011 08:54 | Kesehatan
Liputan6.com, Cambridge: Otak manusia yang menerima banyak informasi ataupun perintah sekaligus dalam waktu yang bersama bisa membuatnya melupakan salah satu informasi. Ada triknya agar memori otak kita bisa mengingat dengan baik. Mau tahu?

Otak manusia, terutama laki-laki, tidak dirancang untuk melakukan banyak pekerjaan di waktu bersamaan. Itulah sebabnya saat memproses informasi sebelumnya, sulit bagi otak untuk menerima informasi baru atau perintah sehingga cenderung lupa. Jadi, otak membutuhkan istirahat 20 menit sebelum menerima informasi lainnya, Rabu (27/7).

Seorang ahli saraf dari Fakultas Kedokteran Universitas Harvard, Prof Edwin Robertson, D. Phil, menegaskan bahwa hal itu terjadi bukan karena kapasitas memori terbatas otak. Memori otak cukup besar, tapi seperti komputer yang kinerjanya akan melambat ketika menjalankan beberapa program sekaligus.

Robertson pun menyarankan otak sebaiknya jeda 20 menit sebelum menerima perintah baru agar tidak ada informasi yang dilupakan. Selain memberi jeda ke otak, cara lain untuk meningkatkan memori yakni dengan memilih waktu yang paling santai untuk menerima informasi. Sehingga banyak siswa merasa lebih mudah untuk mengingat subjek jika mereka membacanya kembali sebelum tidur.

Sebuah studi yang dilakukan sebelumnya bahkan menyarankan bahwa otak harus diberikan jeda selama 2 jam. Sehingga ketika menerima banyak informasi, tidak mudah dilupakan bagi pikiran. Tapi dua jam interval terlalu panjang dan bahkan bisa menyebabkan orang menjadi kontraproduktif. (mymagsinfo/MEL)

0 komentar:

Posting Komentar