Pages

Penangkaran Penyu, Alternatif Liburan Cerdas


Penangkaran Penyu, Alternatif Liburan Cerdas  

Aries Wicaksono
14/07/2011 05:32 |
Liputan6.com, Denpasar: Tak jauh dari pusat Kota Denpasar, Bali, terdapat objek wisata penangkaran penyu yang langka. Di lokasi yang luasnya mencapai satu hektare ini, warga Desa Pekraman Serangan, menangkarkan tiga jenis penyu yang dilindungi, yaitu penyu hijau, penyu sisik, dan penyu lekang.
Saat ditemui SCTV belum lama ini, sang pengelola Wayan Griya menuturkan, lokasi konservasi yang dibangun sejak 2005 awalnya untuk menjawab tudingan Pulau Bali sebagai pulau yang banyak membantai penyu sebagai sarana upacara. Warga Desa Pekraman pun membuktikan bahwa meskipun ada kebutuhan sebagai sarana upacara, penyu yang digunakan adalah hasil penangkaran.
Lebih lanjut Wayan Griya menjelaskan, akhirnya Pulau Serangan berkembang menjadi Pulau Penyu dengan membuat konservasi perlindungan populasi reptil laut tersebut yang nantinya dilepas ke laut bebas. Bahkan, tempat penangkaran penyu ini justru berkembang menjadi salah satu objek wisata yang banyak menarik perhatian turis asing.
Di tempat tersebut siapa saja bisa melihat dan menyentuh langsung penyu. Mulai dari yang baru lahir hingga berukuran besar.
Jadi, bila Anda sedang berlibur ke Bali, tidak ada salahnya menyambangi konservasi penyu di Pulau Serangan. Selain berlibur, keluarga Anda juga dapat belajar dekat dengan alam.(ANS)

0 komentar:

Posting Komentar