Pages

Pesona Pantai Mbolata Memikat Wisman

Pesona Pantai Mbolata Memikat Wisman
K13-11 | I Made Asdhiana | Senin, 11 Juli 2011 | 16:02 WIB
K13-11 Pengunjung menikmati pesona Pantai Mbolata, di Kelurahan Watunggene, Kabupaten Manggarai Timur dengan berenang dipantai sambil menikmati panorama Tanjung Biru. Foto ini diambil belum lama ini.

BORONG, KOMPAS.com - Pesona Pantai Mbolata sangat memikat hati wisatawan mancanegara maupun domestik. Pantai Mbolata yang berada di ujung timur Kabupaten Manggarai Timur berbatasan dengan Kabupaten Ngada, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Sejak dibuka cottages di Pantai Mbolata sejak 2009, sebanyak 1.000 wisman sudah berkunjung dan menikmati keindahan Pantai Mbolata. Demikian dijelaskan, Pengelola Mbolata Cottages, Fransisco De Huik Rosari kepada Kompas.com di Mbolata, Senin (11/7/2011).
Menurut Fransisco, sejak dibuka cottages di Mbolata dan dipromosikan kepada wisman dan wisdom banyak yang tertarik untuk mengunjungi pantai Mbolata. Wisatawan sangat tertarik dengan Pantai Mbolata karena pantainya bersih, pantai berpasir putih, laut biru, alam pegunungan dan padang penggembalaan yang membentang luas hingga ke pantai. Bentuk cottages di Mbolata sangat alamiah yang terbuat dari alang-alang dengan berbentuk ecotourism.
"Kalau wisatawan domestik yang berkunjung ke pantai Mbolata tak terhitung jumlahnya,” kata Fransisco.
Fransisco menjelaskan, wisatawan yang sudah menikmati keindahan pantai Mbolata diantaranya, dari Eropa, Australia, Amerika, Rusia, Jepang.
Suguhan makanan bagi tamu di cottages, lanjut Fransisco, seperti bumbu makanan sangat alamiah. Artinya pengelola tidak pernah membeli bumbu dari toko.
Selain Pantai Mbolata yang indah, sambung Fransisco, wisatawan juga menikmati panorama di sekitar pantai seperti pemandangan Gunung Ineria, di Kabupaten Ngada, dan Tanjung Biru. Bahkan, wisatawan juga menikmati pesona persawahan dan kerbau sawah di sekitar Pantai Mbolata.
Fransisco mengatakan, program yang sudah dijalankan untuk para tamu, diantaranya pendakian Gunung Ineria yang dimulai dari Pantai Mbolata menuju ke Kampung Watu, di Kecamatan Aimere, Kabupaten Ngada hingga pendakian selama lima jam. Disini juga disuguhkan penyelaman karang, fishing trip (penangkapan ikan oleh tamu) dan berwisata dengan kuda dan juga trekking itu sendiri. Sementara itu, tamu juga disuguhkan tarian khas di Kelurahan Watunggene, Kecamatan Kota Komba yakni tarian Sabu yang disebut Padoa.
Fransisco menjelaskan, perpaduan alam yang indah ini menjadikan pantai ini sangat diminati oleh wisatawan. Hamparan pasir putih di sepanjang pantai membentang sejauh lima kilometer dari arah timur hingga ke barat. Memasuki kawasan pantai, pengunjung akan dimanjakan oleh pemandangan areal persawahan diselingi barisan pepohonan lontar diantara pematang sawah.
Aktivitas yang dapat dilakukan di Pantai Mbolata antara lain, berenang, berselancar, memancing, dan bermain di pantai. Wisatawan juga bisa melihat proses pembuatan sopi (minuman arak dari pohon lontar) secara tradisional disekitar pantai Mbolata. Saat ini telah tersedia lima buah cottages yang bisa disewa oleh wisatawan saat berlibur.
Akses menuju ke Pantai Mbolata, jelas Fransisco, pantai Mbolata terletak di Kelurahan Watunggene, Kecamatan Kota Komba, sekitar 3 kilometer dari Borong dan dapat ditempuh dalam waktu 1 jam dengan berkendaraan. Kondisi jalan cukup bagus dan bisa dijangkau oleh semua jenis kendaraan. Bersepeda dari Waelengga, Ibukota Kecamatan Kota Komba memberikan keasyikan tersendiri karena sepanjang jalan terlihat pemandangan yang sangat indah sambil menyaksikan aktivitas warga di persawahan.

0 komentar:

Posting Komentar