Pages

Stainless Steel, Anti Karat Sekaligus Anti Bakteri

Stainless Steel, Anti Karat Sekaligus Anti Bakteri
Headline
PhsyOrg
Oleh: Nilam P.
Kamis, 21 Juli 2011 | 12:34 WIB

INILAH.COM, Jakarta - Dengan campuran logam baru, perangkat medis atau peralatan dapur yang terbuat dari stainless steel, bisa kebal dari serangan bakteri.
Baja antikarat atau stainless steel banyak digunakan di dunia kedokteran atau perangkat dapur. Seperti ditulis di PhsyOrg, ilmuwan Universitas Birmingham menciptakan inovasi material stainless steel. Ciptaan mereka bukan bahan pelapis permukaan, melainkan campuran.
Ilmuwan menambahkan material campuran baru pada baja, nitrogen, karbon, perak, dan tembaga, dengan menggunakan Active Screen Plasma (ASP).
Campuran perak berfungsi sebagai zat pembunuh bakteri, dan nitrogen serta karbon berfungsi memperkuat baja. Hasilnya adalah logam hibrida yang kebal serangan bakteri.
Ilmuwan kemudian menguji hasil temuan ini pada perangkat medis. Setelah 120 kali pencucian, bahan anti bakterinya masih utuh dan tetap aktif.
Material baru ini bagus digunakan di rumah sakit untuk menghindari menyebarnya infeksi penyakit, misalnya pada perangkat medis atau benda implan. Bisa juga digunakan pada industri makanan atau dapur rumah tangga. [mor]

0 komentar:

Posting Komentar