Pages

Amerika Bikin Jalur Khusus Mobil Listrik

Amerika Bikin Jalur Khusus Mobil Listrik
Agung Kurniawan | Bastian | Jumat, 15 Juli 2011 | 17:42 WIB

Builrado/autocharging ports

WASHINGTON, KOMPAS.com — Jepang boleh gencar melahirkan mobil-mobil berteknologi hibrida atau listrik. Amerika, yang juga punya kendaraan ramah lingkungan, justru kini membuat "jalan khusus" berjarak 333 km buat mobil listrik, mulai dari Interstate 5 sampai US Route 2 di Washington DC.
Pada jalan khusus tersebut akan dibangun stasiun pengisian baterai yang lokasinya sudah ditentukan antara Km 65 dan Km 97. Proyek ini digarap Departemen Transportasi di Washington yang menggandeng perusahaan swasta AeroVironment sebagai penyedia sarananya. Setiap stasiun pengisian disediakan dua alat pengisi ulang listrik (charger), yakni model cepat (30 menit) dan model lambat (4-6 jam). Pembangunan fasilitas tersebut dimulai pada akhir tahun ini.
Ide pengadaannya datang dari kekhawatiran konsumen, khususnya pengguna kendaraan listrik, yang takut kehabisan energi di jalan sebelum sampai ke tujuan. Inisiatif ini kemudian diwujudkan Washington dan diharapkan bisa menjadi contoh bagi negara lain di seluruh dunia untuk terus mengembangkan infrastruktur kendaraan listrik di masa depan.
Yang masih dipikirkan oleh pemerintah, bagaimana mengatasi kemacetan di stasiun ini, terutama untuk pengisian model lambat, mengingat antrean panjang (menunggu giliran) bisa menjadi sumber kemacetan. Pemerintah mengatakan, evaluasi terus dilakukan, termasuk menciptakan solusi jika ada masalah yang muncul saat hal ini mulai diberlakukan di tingkat umum.
 
Sumber :insidelane

0 komentar:

Posting Komentar