Pages

Taman Nasional Bali Barat, Daya Tarik Lain Pulau Dewata

Taman Nasional Bali Barat, Daya Tarik Lain Pulau Dewata

Selasa, 12 Juli 2011 - 13:17 wib
Pasha Ernowo - Okezone
Taman Nasional Barat Bali (foto: melancongkebali.blogspot.com)
Taman Nasional Barat Bali (foto: melancongkebali.blogspot.com)
BALI selama ini dikenal dengan keindahan pantainya. Ternyata, Pulau Dewata tak hanya mengandalkan pantainya saja, adalah Taman Nasional Bali barat (TNBB) yang juga menjadi salah satu daya tarik Bali.

Lokasi Taman Nasional Bali Barat (TNBB) berada di ujung barat Pulau Bali, sekitar 2 km dari Pelabuhan Gilimanuk. Untuk sampai ke kawasan ini dapat dicapai dengan kendaraan darat dari Denpasar selama 3 jam.

Di sana Anda dapat menikmati beragam jenis flora dan fauna liar, termasuk yang berstatus langka, dilindungi maupun yang keberadaannya masih melimpah. Habitat di taman nasional ini letak geomorfologinya dan keindahan alamnya masih dalam keadaan utuh.

Taman Nasional Bali Barat merupakan salah satu kawasan pelestarian alam dengan ekosistem asli dan merupakan habitat terakhir bagi burung jalak bali. Taman nasional ini memiliki keanekaragaman hayati di lautnya seperti terumbu karang dan biota laut, memiliki vegetasi mangrove, hutan rawa payau, savana, serta hutan musim.

TNBB merupakan rumah bagi jalak bali yang berkumpul di Semenanjung Prapat Agung, tepatnya Teluk Brumbun dan Teluk Kelor. Burung ini merupakan satu-satunya spesies endemik Bali dan tahun 1991 dinobatkan sebagai lambang fauna Provinsi Bali dan dilindungi keberadaannya oleh undang-undang. Penampilan burung ini sangat indah dan salah satu burung yang paling diminati kolektor dan pemelihara burung.

Fauna yang menghuni taman nasional ini sekitar 17 jenis mamalia dan 160 jenis burung (aves), ada pula berbagai jenis reptil dan ikan. Flora yang telah diidentifikasi di taman nasional ini sekitar 176 jenis flora meliputi pohon, semak, tumbuhan memanjat, menjalar, jenis herba, anggrek, paku-pakuan dan rerumputan.

Taman Nasional ini memiliki luas 19.002,89 ha. meliputi kawasan terestrial seluas 15.587,89 ha. dan kawasan perairan selaus 3.415 ha. Taman nasional ini lokasinya secara administratif bagian Kabupaten Buleleng dan Kabupaten Jembrana. Taman Nasional Bali Barat dikukuhkan berdasarkan SK Menteri Kehutanan No.493/Kpts-II/1995 tanggal 15 September 1995.
(uky)

0 komentar:

Posting Komentar