Pages

Minuman Tepat Pasca Olahraga

Bersepeda (Corbis)
 

Minuman Tepat Pasca Olahraga
Minuman ini membuat komposisi otot lebih banyak dan lemak lebih sedikit.
Jum'at, 24 Juni 2011, 15:21 WIB
Mutia Nugraheni, Febry Abbdinnah

VIVAnews - Lelah sehabis berolahraga? Biasanya Anda akan meminum minuman isotonik atau air mineral biasa untuk mengembalikan cairan yang hilang. Namun, tahukah Anda minuman yang paling ampuh untuk
mengembalikan kondisi pasca olahraga?

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Texas, Amerika Serikat, susu coklat adalah minuman pasca olahraga yang ideal. "Atlet profesional atau amatir menikmati manfaat pemulihan fisik ketika meminum susu coklat rendah lemak setelah melakukan latihan berat," ujar Dr. John Ivy, pemimpin penelitian, dikutip dari Daily Mail.

Hal ini karena susu coklat memberikan komposisi tubuh yang lebih baik, dengan komposisi otot lebih banyak dan lemak lebih sedikit. Dengan berolahraga, bentuk tubuh yang didapatkan akan lebih baik daripada orang yang hanya meminum minuman olahraga yang hanya mengandung karbohidrat.

Dokter Ivy dan timnya membandingkan efek pemulihan dari meminum susu coklat rendah lemak setelah olah raga dengan efek dari minum minuman karbohidrat dengan bahan yang sama dan bebas kalori.

Mereka juga melakukan survei terhadap 10 atlet sepeda. Para atlet diminta untuk bersepeda selama 90 menit dengan intensitas sedang dan 10 menit dengan intensitas tinggi.

Para peneliti menemukan bahwa atlet yang mengonsumsi susu coklat rendah lemak lebih kuat dan mengayuh sepeda lebih cepat. Hal itu dibandingkan mereka yang mengonsumsi minuman olahraga bebas kalori.

Tim peneliti juga menguji 32 pesepeda amatir pria dan wanita. Mereka diminta bersepeda lima kali putaran dalam seminggu. Hasilnya, peminum susu coklat memiliki 2 kali lebih banyak pengambilan oksigen dibandingkan dengan yang lain.

Pengambilan oksigen adalah salah satu indikator daya tahan seorang atlet untuk melakukan olahraga. Tubuh mereka pun lebih berotot dan lemak yang hilang juga lebih banyak.

"Kami belum mengetahui persis mekanisme yang menyebabkan susu coklat rendah lemak memberikan lebih banyak keuntungan dibandingkan minuman olahraga," kata Dr. John.

Ia menambahkan, ada sesuatu dalam campuran protein dan karbohidrat yang terjadi secara alamiah, sehingga memiliki manfaat signifikan. Tiga menit pemulihan setelah berolahraga sama pentingnya dengan suplemen nutrisi. (eh)
• VIVAnews

0 komentar:

Posting Komentar