Pages

Memilih Mainan untuk Si Kecil

  • Memilih Mainan untuk Si Kecil

    ayukinanTue, Jun 7 7:14 PM WIT

    Oleh: Amelia Ayu Kinanti
    Membelikan mainan si kecil tak bisa sembarangan. Walau untuk menyenangkan anak, idealnya mainan juga harus memiliki sisi edukasi.
    Berikut ini beberapa mainan yang memiliki nilai edukasi bagi si kecil.
    Untuk balita, pilihlah mainan dengan warna-warna cerah. Selain dapat merangsang penglihatan anak agar semakin baik, mainan berwarna cerah juga berguna untuk memperkenalkan nama-nama warna kepada si kecil.
    Mainan yang Anda pilih bisa berupa puzzle yang mudah. Mainan ini bisa membantu anak-anak mengenal aneka bentuk (seperti kotak, segitiga, bundar), juga aneka gambar seperti binatang, buah dan sebagainya.
    Mainan lain yang cocok buat anak balita adalah blok susun (seperti Lego) karena dapat memicu kreativitas anak, serta mengajarkan kesabaran dan konsentrasi.
    Untuk anak-anak usia sekolah, permainan Monopoli akan mengajarkannya bagaimana mengelola uang serta berbisnis.
    Yang pasti, seluruh permainan juga mengajarkan anak mengenai nilai dan etika. Setiap permainan memiliki aturan yang harus diikuti anak-anak. Aturan-aturan tadi membuat mereka terbiasa dengan disiplin. Permainan juga memiliki moral terpendam, yaitu mencapai kemenangan (keberhasilan) dengan metode dan aturan yang sesuai, bukan dengan cara-cara yang curang.

0 komentar:

Posting Komentar