Pages

Teluk Glester Alaska, Tempat Terdingin Terancam Mencair

Teluk Glester Alaska, Tempat Terdingin Terancam Mencair

(Foto: fisikaonline)
(Foto: fisikaonline)
TELUK Gletser Alaska menjadi salah satu tempat terdingin di muka bumi. Sayang, gletsernya perlahan mencair akibat pemanasan global.

Taman Nasional dan Konservasi Teluk Gletser berada di Alaska, negara bagian Amerika Serikat. Alaska merupakan tempat yang sebagian permukaannya ditutupi salju putih dan es. Karenanya, Alaska merupakan salah satu tempat paling dingin di muka bumi.

Taman Nasional Teluk gletser Alaska terletak di bagian tenggara Alaska yang meliputi lebih dari 3 juta hektare tanah. Gletser Taman Nasional Teluk Alaska kadang-kadang disebut sebagai Crown Jewel.

Di dalamnya terdapat satwa liar, mencakup berbagai mamalia darat, burung, dan kehidupan laut. Terdapat pula berbagai hewan asli Alaska, misalnya paus bungkuk, paus pembunuh, beruang abu-abu, rusa, kambing gunung, karibu air, dan lain-lain. Karena kekayaan dan keunikan alamnya, taman ini ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO.

Meskipun udaranya superdingin dan cuacanya ekstrem, banyak turis datang ke sini. Tak mengherankan jika banyak kapal pesiar yang menawarkan paket wisata berlibur di lautan es.

Sayangnya, gletser di sini kini terancam punah akibat global warming. Banyak ahli memperkirakan, gletser akan mencair dan hilang dalam beberapa tahun di masa mendatang.
(ftr)

0 komentar:

Posting Komentar