Pages

Pesona Air Terjun Curug Seribu

Pesona Air Terjun Curug Seribu

Curug Seribu (foto: redbubble)
Curug Seribu (foto: redbubble)
KEINDAHAN wisata alam Indonesia sudah tidak diragukan lagi. Namun, sebenarnya masih banyak yang belum terungkap. Salah satunya wisata yang satu ini.

Objek wisata ini tidak terletak di tengah hutan belantara ataupun pegunungan yang terpencil, namun cukup dekat dengan kawasan perkotaan. Salah satu wisata ‘tersembunyi’ ini adalah Curug Seribu, yang terletak tidak jauh dari Kota Bogor.

Curug Seribu tepatnya terletak di kawasan Gunung Bunder, sebuah desa di Kecamatan Pamijahan, Bogor. Lokasinya hanya sekitar 30 menit dari pusat Kota Bogor. Di kawasan Gunung Bunder ini banyak sekali terdapat lokasi wisata air terjun atau curug, namun salah satu yang paling menarik adalah Curug Seribu.

Curug Seribu ini berada di ketinggian antara 750-1.050 meter dari permukaan laut (dpl) dan termasuk dalam Kawasan Wisata Gunung Salak Endah di kaki Gunung Salak di bawah naungan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Curug Seribu merupakan air terjun tertinggi di kawasan ini. Tinggi air terjun ini adalah 100 meter. Kawasan ini dikelola oleh masyarakat sekitar dan telah menjadi hiburan lokal bagi masyarakat Bogor dan sekitarnya.

Untuk mencapai lokasi Curug Seribu merupakan tantangan tersendiri. Pintu gerbangnya memang terletak di pinggir jalan raya yang dapat dilalui kendaraan beroda empat. Namun, untuk mencapai lokasi sebenarnya, pengunjung harus melewati jalan setapak selama 1 jam. Jalan setapak ini bermedan cukup menantang, dengan tanjakan, jalanan berbatu yang licin serta menuruni beberapa tangga yang terbuat dari bebatuan alami di antara rerimbunan hutan.

Beberapa saat sebelum mencapai Curug Seribu anda akan menemui air terjun kecil di mana Anda dapat beristirahat sejenak sambil duduk di batu- batu besar dan menikmati pemandangan alam sekitar. Dengan berjalan beberapa ratus meter lagi, Anda akan segera mencapai lokasi Curug Seribu.

Medan yang cukup berat dan melelahkan akan segera hilang saat Anda tiba di Curug Seribu. Tinggi dari air terjun ini begitu menakjubkan, air turun ke bawah, membentuk muara air biru kehijauan sedalam 20 Meter. Tidak dianjurkan untuk berendam di sini karena arusnya yang cukup deras, namun anda tetap dapat bermain air beberapa meter tidak jauh dari situ di sekitar bebatuan-bebatuan besar yang menghiasi Curug Seribu ini.

Meskipun dikelola oleh masyarakat lokal dan lokasinya tersembunyi, namun fasilitas di sekitar Curug Seribu ini cukup memadai dengan adanya MCK dan juga beberapa rumah makan di dekat pintu masuk.

0 komentar:

Posting Komentar