Pages

Ingin Tahu Usia Berapa Anak Mulai Berbohong?

Ingin Tahu Usia Berapa Anak Mulai Berbohong?
Headline
singlemindedwomen.com

Jakarta - Kebiasaan berbohong memang kerap menimpa anak-anak. Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa diperkirakan buah hati Anda sudah bisa mengelabui di usia empat tahun. Benarkah?
Menurut Ian Lasie dalam bukunya yang bertajuk Born Liars anak berusia 2-4 tahun sudah bisa berbohong dengan tujuan menghindari hukuman.
Seperti dikutip Dailymail, Dr Victoria Talwar, asisten profesor psikologi anak di McGill University di Montreal menggunakan percobaan berupa permainan untuk mengetahui tingkat usia dan potensi berbohong.
Partisipan anak-anak diberikan beberapa permainan untuk membangun hubungan dengan permainan menebak kemudian mereka diminta menghadap ke dinding. Peneliti lalu meminta anak-anak menebak suara, seperti mobil polisi atau boneka menangis.
Peneliti lalu meninggalkan ruangan dan memperingatkan anak untuk tidak mengintip. Anak-anak berbalik beberapa detik setelah pintu ditutup. Peneliti pun kembali dan meminta jawaban.
Ketika jawaban mereka benar, peneliti menanyakan apakah ia mengintip. Umumnya, mereka yang berusia 3 tahun akan mengaku, sedangkan mayoritas anak-anak berusia 4 tahun berbohong dengan mengatakan tidak. Pada anak berusia 6 tahun, 95% anak-anak berbohong.
"Anak-anak ternyata sudah bisa berbohong sebelum usia 8 tahun," kata Profesor Kang Lee dari University of Toronto dan Direktur Institute of Child Study.

0 komentar:

Posting Komentar