Pages

Goa Ellora, Monumen Kuno di Maharastra

Goa Ellora, Monumen Kuno di Maharastra

Goa Ellora (foto: info-infounik.blogspot.com)
Goa Ellora (foto: info-infounik.blogspot.com)
SALAH satu daya tarik wisata di India adalah peninggalan sejarahnya. Salah satu yang menarik adalah monument kuno di Maharastra bernama Goa Ellora.

Goa Ellora adalah kompleks kuil goa Buddha, Hindu dan Jain yang dibangun antara abad ke-6 dan ke-10 di dekat desa India kuno Ellora. Uniknya lagi ada 34 goa di Ellora yang dibuat dengan tangan, hanya dengan palu dan pahat.

Goa-goa di Ellora dipahat vertikal dari bukit Charanandri. Karya ukiran dimulai sekitar 550 M, hampir sama denngan waktu pembuatan Goa Ajanta yang berjarak 100km ke arah timur laut atau sekitar 400 kilometer (250 mil) dari Mumbai. Seperti dikutip dari Sacred - destinations.com.

Goa Ellora dibangun pada saat ajaran Buddha turun di India dan Hindu mulai mengambil sikap sendiri. Pemerintah Brahmanical yang membuatnya di bawah perlindungan Raja Chalukya dan Rashtrakuta, termasuk saat membangun Kuil Kailasa yang megah.

Dua kilometer ke sebelah utara Ellora juga ada Goa Jain yang diperkirakan dibuat di akhir tahun 800 dan 900. Goa Jain berisi karya seni yang sangat rinci. Banyak langit-langit Goa Jain yang dilukis dan beberapa fragmen yang masih terlihat.

Untuk masuk ke area Ellora, Anda perlu membayar USD5 (sekitar Rp45.000) per orang.

(dari berbagai sumber)

0 komentar:

Posting Komentar