Pages

Berbelanja dan Makan di Hoi An Sambil Beramal

Berbelanja dan Makan di Hoi An Sambil Beramal

Apa yang terlintas di pikiran ketika berbicara mengenai Hoi An? Bangunan-bangunan yang antik? Hotel-hotel yang indah? Jumlah penjahit yang banyak bertebaran? Banyaknya pilihan tempat makan? Izinkan saya menambahkan satu hal lagi dalam daftar itu: tempat bisnis yang memiliki tujuan baik. Untuk beberapa alasan, Hoi An telah menarik cukup banyak turis yang ingin beramal setelah berbelanja banyak dan memanjakan diri mereka. Mari mulai dengan berbelanja.

Reaching Out


Reaching Out adalah tempat yang indah untuk bersantai, toko besar yang menjual barang-barang hasil kerajinan tangan yang dibuat orang-orang dengan kemampuan berbeda. Jika Anda datang pada jam kerja, Anda dapat menyaksikan para pengrajin sedang bekerja -- sebanyak 35 pekerja berada di bengkel kerja di Hoi An, sementara sisanya bekerja dari rumah mereka di berbagai penjuru Vietnam -- foto-foto profil mereka menghiasi dinding toko.

Hal lain yang membuat Reaching Out istimewa adalah mereka tidak pernah melupakan pentingnya kualitas dari produk dan pengalaman berbelanja yang menyenangkan: para staff tidak terlalu menempel dengan pengunjung, toko dibuat luas, dan produk yang dipasarkan berbeda dengan apa yang ada di toko suvenir lain di seluruh kota. Barang-barang yang dijual juga dapat dilihat secara online.

Reaching Out
Nguyen Thai Hoc St 103
T: (0510) 3910 168
http://www.reachingoutvietnam.com



Lifestart Foundation Workshop


Lifestart Foundation Workshop diciptakan untuk membantu mereka yang hidup di situasi yang menantang di Vietnam agar mereka dapat mandiri.

Outlet mereka yang berada di Phan Chu Trinh 77 memiliki suasana yang berbeda dengan Reaching Out: lebih seperti toko kerajinan tangan daripada sebuah butik. Namun terdapat beberapa barang yang unik dan menarik, termasuk yang terbuat dari barang-barang daur ulang, seperti vas yang terbuat dari botol plastik, tas dari jeans dan boneka menggemaskan dari kaos kaki. Para staf juga terlihat sangat ramah, menyuguhkan teh saat tiba -- dan juga terdapat "toilet bersih bergaya Barat untuk kenyamanan anda!"

Selain membeli produk mereka, Anda juga dapat memberikan dukungan lewat sumbangan, menjadi guru relawan, mengirimkan barang-barang dari Australia atau menyelenggarakan acara pengumpulan dana di negara asal Anda.

The Lifestart Foundation Workshop
Phan Chu Trinh St 77
T: (0988) 159 846
http://www.lifestartfoundation.org.au

Kerajinan Tangan Tuna Rungu Vietnam


Jauh dari pusat keramaian tempat belanja turis, terdapat Hong Diem. Tuna rungu dan terbelakang sejak lahir, wanita itu menjual kartu yang dibuat orang-orang yang memiliki keterbatasan, termasuk dirinya sendiri. Begitu Anda menginjak teras rumah/tokonya Anda akan 'diterkam' kemudian dipersilakan duduk untuk kemudian disodorkan kotak demi kotak kartu untuk dipilih. Saya merasa mereka tidak memiliki banyak pengunjung.

Jika Anda berada di wilayah kota itu dan memerlukan sebuah kartu ucapan, datanglah, tapi saya berani bertaruh, walau Anda tidak menyukai pilihan kartunya, Anda tidak akan pergi dengan tangan kosong. Anda sudah diperingatkan (dan siap-siap menghabiskan 30 ribu VND sekitar Rp12.700)!

Deaf Vietnamese Handicrafts (Hong Diem)
Pham Hong Thai St 9 (dekat Life Resort)



Steady Footsteps dan Da Nang Artists


Ini sebenar bukan sebuah toko sungguhan namun saya ingin menulis tentang Steady Footsteps. Steady Footsteps memberikan layanan rehabilitasi bagi orang-orang yang mengalami gangguan pada sistem syaraf, baik yang berada di rumah sakit umum dan yang berada di komunitas lokal di Vietnam Tengah. Mereka juga membentuk Da Nang Artists Company untuk membantu memasarkan karya seni para seniman yang memiliki keterbatasan. Produk-produk mereka dapat dilihat secara online melalui www.danangartists.com.

Jika Anda seorang ahli terapi okupasional atau fisik yang berpengalaman dan mencari
pekerjaan sebagai relawan, hubungi mereka.

Steady Footsteps
http://www.steadyfootsteps.org

Da Nang Artists Company
http://www.danangartists.com



Streets


Bagi para penggemar makanan, Streets adalah sebuah restoran/kafe yang memiliki slogan "Good Food Helping Good Kids" (Makanan yang enak untuk membantu anak-anak yang sejahtera). Itu merupakan formula yang harus dicoba dan dirasakan di Vietnam: membekali remaja yang kurang beruntung dengan pengetahuan mengenai keramahan dan menyediakan sebuah restoran tempat mereka bekerja. Streets cukup berhasil.

Restorannya santai, meriah tapi didekorasi dengan simpel, dihiasi perabotan yang terbuat dari kayu beechwood modern dan dengan suasana yang luas dan lapang. Para staff mengenakan seragam dengan kaos terang dan celemek, dan sangat ramah. Jarang sekali kita dapat pelayanan yang baik dan ramah di Vietnam dan, walau mereka tidak 100% tulus, Anda menyadari bahwa mereka telah dilatih.

Pilihan menunya terbatas -- hal ini cukup menyenangkan di negara yang daftar jenis makanannya bisa sangat panjang -- berisi setengah lusin berbagai makanan pembuka atau salad, makanan Vietnam, sandwich, dan makanan penutup. Saya memilih panini panggang dengan ayam, keju, dan sayuran, dan rasanya cukup enak. Namun tamu lain di sekitar saya memesan makanan Vietnam dan sepertinya sudah jadi langganan. Pada saat tiba kita akan diberi suguhan keripik dengan kacang.

Streets
Le Loi St 17
T: (0510) 3911 949
http://www.streetsinternational.org

Blue Dragon


Restoran yang satu ini bukan dikelola oleh Blue Dragon meski mereka menyumbangkan sedikit keuntungannya untuk Blue Dragon Children's Foundation: sebuah organisasi yang mengelola fasilitas tempat tinggal, dan berbagai program yang membantu memberi anak-anak dan remaja yang kurang beruntung sebuah kesempatan baru dalam hidup mereka.

Restoran itu juga pilihan yang cukup baik di Bach Dang, dengan pemandangan sungai. Memberikan pelayanan dengan tarif standar Hoi An, restoran ini juga memiliki beberapa meja yang menghadap langsung ke luar, ke ujung pasar: sebuah posisi yang strategis untuk berteduh dari matahari, menikmati minuman serta cau lau (mie yang terbuat dari nasi).

Blue Dragon Restaurant
Bach Dang St 46
T: (0510) 3910 742
http://www.bdcf.org

Travelfish

0 komentar:

Posting Komentar