Pages

10 Candi Yang Menakjubkan di Dunia (I)

10 Candi Yang Menakjubkan di Dunia (I)

Pasha Ernowo - Okezone
Chion-in Temple(sacred-destinations.com)
Chion-in Temple(sacred-destinations.com)
JIKA Anda petualang dunia, silakan mencoba ke sebuah candi yang menawarkan arsitektur menakjubkan.

Sebelumnya okezone telah menurunkan tulisan, 10 Candi Yang Menakjubkan di Dunia. Berikut kelanjutannya:

Chion-in Temple

Chion-in Temple dibangun pada 1234 Masehi untuk menghormati pendiri Jodo (Tanah Murni) Buddhisme, seorang imam bernama Honen, yang berpuasa sampai mati. Candi ini merupakan bangunan tertua dari abad ke-17. Pengunjung yang datang  ke Chion, pertama harus melewati gerbang terbesar di Jepang: Gerbang dua-cerita San-mon.

Lonceng di kuil ini beratnya 74 ton. Fitur lain yang menarik dari Chion-in Temple adalah lantai Assembly Hall yang disebut uguisu-bari atau lantai burung bulbul, yang terbuat dari papan kayu dirancang untuk berderik setiap ada langkah kaki untuk memperingatkan para biarawan bila ada penyusup!

Borobudur

Pada abad ke-19, penjajah Belanda di Indonesia menemukan reruntuhan kuno besar jauh di dalam hutan Jawa. Ternyata mereka menemukan  kompleks Borobudur, struktur raksasa yang dibangun dengan hampir 2 juta kaki kubik (55.000 m2) dari batu.

Candi ini memiliki hampir 2.700 panel relief dan 504 patung Buddha. Sampai saat ini, tidak ada yang tahu pasti kapan dan mengapa itu dibangun. Beberapa sarjana percaya bahwa Borobudur sebenarnya adalah sebuah buku raksasa Buddhisme, karena Borobudur menceritakan kehidupan Buddha dan prinsip-prinsip ajarannya.

Golden Temple

Sahib Harmandir (Artinya Abode Allah) atau hanya Kuil Emas di Punjab, India adalah kuil paling suci Sikh. Untuk Sikh, Kuil Emas melambangkan kebebasan dan kemerdekaan spiritual yang tak terbatas. Situs Kuil dimulai dengan danau kecil yang begitu damai. Bahkan Buddha datang ke sana untuk bermeditasi. Ribuan tahun kemudian, Guru Nanak, pendiri Sikh juga tinggal dan bermeditasi di danau.

Pembangunan Kuil Emas dimulai pada tahun 1500-an, ketika Guru Sikhisme keempat memperbesar danau yang menjadi Amritsar atau kolam dari Nectar of Immortality, yang tumbuh sekitar candi dan kota. Kuil itu sendiri dihiasi dengan patung marmer, disepuh emas, dan tertutup batu mulia.

Candi Wisnu Srirangam

Kuil Srirangam (Sri Ranganathaswamy Temple) berada di kota India. Candi ini didedikasikan untuk Wisnu, salah satu dari tiga dewa dalam Hinduisme. Legenda mengatakan bahwa, Lama bijak beristirahat dan meletakkan patung Wisnu berbaring, di atas ular besar. Ketika ia siap untuk melanjutkan perjalanannya, ia menemukan bahwa patung itu tidak dapat dipindahkan, sehingga candi kecil dibangun di atasnya. Selama berabad-abad, kuil "tumbuh" menjadi lebih besar di atas bangunan yang ada.

Kompleks candi sangat besar itu meliputi area seluas lebih dari 150 hektare (63 hektare) dengan tujuh dinding konsentris, yang terluar sekitar 2,5 mil (4 km) panjangnya! Kuil Srirangam terkenal dengan Gopurams atau pintu masuk bawah piramida berwarna-warni. Candi ini memiliki 21 Gopurams total, dengan yang terbesar memiliki 15 cerita dan hampir 200 kaki (60 m) tingginya.

Angkor Wat, Angkor Thom, dan Bayon

Terakhir tapi pasti tidak sedikit adalah candi terbesar dalam sejarah dan inspirasi untuk novel yang tak terhitung jumlahnya dan film aksi Hollywood.

Ankor Wat. Angkor Wat dibangun pada awal abad ke-12 di Kamboja. Candi Hindu pertama yang terkenal di dunia dan didedikasikan untuk Wisnu. Pada abad ke 14 atau 15, menjadi sebuah kuil Buddha.

Dunia Barat melihat  Angkor Wat,  ketika abad ke-16 seorang biarawan Portugis mengunjungi kuil dan fasih menggambarkannya sebagai "konstruksi luar biasa sehingga tidak mungkin untuk menggambarkan dengan pena, terutama karena tidak seperti bangunan lain di dunia.

Kuil ini memiliki menara dan dekorasi dan semua perbaikan yang jenius. Wisatawan mengunjungi Angkor Wat biasanya juga mengunjungi reruntuhan dekat Angkor Thom dan Bayon, dua candi yang fantastis yang merupakan ibukota kerajaan Khmer kuno.
(rhs)

0 komentar:

Posting Komentar