Pages

Serba-serbi Kuliner Nepal

Serba-serbi Kuliner Nepal

Johan Sompotan - Okezone
Kari kambing. (Foto: Google)
Kari kambing. (Foto: Google)
SEBAGAI negara yang terkurung di daratan Asia Selatan, Nepal terletak antara India dan China. Terkenal dengan gunung Everest-nya yang tinggi, sebanyak 29 juta orang menghuni Nepal.
Tak hanya soal kekayaan alamnya saja, Nepal juga memiliki kuliner yang beragam. Orang-orang Nepal mengonsumsi beragam makanan yang berwarna-warni dan beraroma. Pasalnya, mereka senang menggabungkan beragam rempah-rempah.
Untuk lebih mengetahui ragam kuliner Nepal, simak makanan khas dari Nepal seperti dilansir situs Ehow berikut:

Dal Bhat Tarkari

Makanan khas Nepal pertama diberi nama Dal Bhat Tarkari. Dal adalah jenis hidangan miju-miju, seperti ramuan. Rasanya pedas pekat karena terbuat dari lentil yang didominasi bawang dan cabai.

Sedangkan Bhaat adalah nasi. Dal bhaat adalah makanan pokok sehari-hari mayoritas rakyat Nepal. Untuk tambahannya, mereka menambahkan sayur kari, yang dinamakan Takari. Hidangan ini biasa disertai dengan acar.

Bumbu-bumbu

Pemakaian ragam bumbu di Nepal relatif sederhana. Orang-orang menggunakan banyak rempah dalam masakan di Nepal. Untuk meningkatkan rasa, rakyat Nepal banyak memakai jahe, bawang putih, ketumbar, kunyit, merica, paprika hitam, jinten, cabai, ketumbar, methi, mustard minyak, biji sesawi, ghee, kayu manis, biji wijen , cengkeh, dan mentega.

Daging

Berbeda dengan negara lainnya, Nepal hanya sesekali mengonsumsi daging. Saat menyantap daging, mereka cenderung membuat daging dengan cara dibakar atau dipanggang seperti ayam, bebek, babi hutan, kambing, kerbau, babi, ikan, atau daging kambing. Mereka juga makan daging kering yang telah disiapkan di atas arang.

Kue kukus atau digoreng, menggunakan bahan dasar daging babi. Karena daging tersebut merupakan daging yang paling sering dikonsumsi. Kadang-kadang daging dimasukkan dalam sup panas atau dingin. Daging sapi jarang dimakan, sebagian besar karena preferensi agama di negara Nepal.

Makanan lainnya

Sayuran membuat masyarakat Nepal sangat sehat. Bangsa Nepal sering mengonsumsi bayam sawi, kacang hijau, kembang kol, kubis, kentang, dan rebung. Mereka jarang mengonsumsi sayuran dengan cara digoreng karena lebih mengutamakan kesehatan.

Kadang-kadang mereka juga mengonsumsi buah-buahan, seperti lemon, jeruk mandarin, pir Asia, dan limau. Beras turut diolah agar bisa dimalan setiap hari. Sup panas atau dingin adalah bagian dari kebiasaan masyarakat Nepal. Mereka biasanya membuatnya dengan biji-bijian. Sementara roti dibuat untuk camilan sebelum waktu makan.(nsa)

0 komentar:

Posting Komentar