Pages

Ini Dia Negara Paling Tercemar di Dunia

Ini Dia Negara Paling Tercemar di Dunia
Headline
connect.in.com

Organisasi kesehatan dunia (WHO) mengungkapkan 5 negara seperti Pakistan, India, Mongolia, Iran dan Botswana merupakan negara dengan tingkat pencemaran polusi udara paling tinggi di dunia.

Karenanya, WHO mendesak negara-negara dengan tingkat polusi yang tinggi untuk memonitor dan mengelola lingkungan mereka dan menurunkan tingkat kematian dini dan penyakit.

Angka-angka ini berdasarkan survei polusi udara global yang dilakukan WHO di lebih dari 1000 negara di seluruh dunia untuk mengukur konsentrasi partikel PM10.
Partikel tersebut memiliki diameter 10 mikrometer atau kurang dan ketika dihirup mereka dapat memasuki aliran darah dan menyebabkan penyakit jantung, kanker paru-paru, asma dan infeksi akut saluran pernapasan bagian bawah.

Pada tahun 2008, WHO memperkirakan 1,34 juta orang meninggal dini akibat polusi udara di kota-kota seluruh dunia. Hal ini naik dari 1,15 juta kematian yang diperkirakan pada tahun 2004.

WHO mengatakan, sumber terbesar pencemaran udara perkotaan adalah kendaraan bermotor, industri manufaktur lainnya, batu bara pembangkit listrik dan pembakaran biomassa atau batubara untuk memasak dan pemanasan.

Seperti dikutip dari Medical news today,Direktur WHO untuk Kesehatan Masyarakat dan Lingkungan, Dr. Maria Neira menjelaskan, di seluruh dunia, udara kota sering tebal dengan asap knalpot, asap pabrik atau jelaga dari pembakaran batu bara pembangkit listrik.
Namun, di beberapa negara ada peraturan kualitas udara yang standar nasional dan penegakannya sangat bervariasi.

Pedoman WHO untuk kualitas udara menyarankan PM10 tahunan rata-rata tidak lebih dari 20 mikrogram per meter kubik (ug/m3). Angka terbaru menunjukkan bahwa, mayoritas kota-kota berada di atas angka tersebut.
Jika semua negara menjalankan pedoman WHO, maka diperkirakan lebih dari 1 juta kematian prematur dapat dicegah.

Bagi kebanyakan kota-kota penyebab polusi udaran yang tinggi berasal dari industri berat dan kualitas bahan bakar kendaraan yang rendah serta pembakaran batubara, kotoran atau kayu yang dikeringkan.

WHO menunjukkan ada lebih dari 400 kota dengan rata-rata tahunan PM10 di bawah pedoman 20 μg/m3. Di bagian atas daftar tersebut adalah kota-kota seperti Whitehorse (3 μg/m3), Kitimat (4), Burns Lake (5) dan Houston (5) di Kanada, dan Clearlake California (6) dan Santa Fe, New Mex (6) di Amerika Serikat.

Bahkan Kanada dan AS mendominasi daftar 84 kota yang memiliki rata-rata tahunan PM10 dibawah pedoman yaitu 11 μg/m3.

Estimasi WHO, penurunan tingkat pedoman dari 20 μg/m3 PM10 bisa mengakibatkan pengurangan 15% kematian dini.

Untuk itu WHO menyerukan kesadaran bagi negara-negara untuk menerapkan kebijakan yang efektif dan pemantauan ketat dari polusi udara di kota-kota mereka.

0 komentar:

Posting Komentar