Pages

Minyak Ikan Bantu Cegah Penyakit

Minyak Ikan Bantu Cegah Penyakit

Andrie Yudhistira
  
Liputan6.com, Jakarta: Makanan sehat saja terkadang tidak cukup memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral manusia. Padahal, keduanya merupakan elemen penting yang dibutuhkan tubuh dalam menangkal penyakit. Lantas, apa saja yang diperlukan untuk menjaga tubuh tetap sehat?

Pakar nutrisi Christopher Mohr menganjurkan minyak ikan. Suplemen ini mengandung asam lemak Omega-3 yang berguna mencegah penyakit serta meningkatkan kualitas hidup. Minyak ikan juga bermanfaat meningkatkan kinerja jantung, otak, serta anggota tubuh lainyya. Bagi usia lanjut, Omega-3 dapat membantu mengurangi nyeri sendi.

"Saya menyarankan mengambil manfaat optimal dari lemak Omega-3. Minyak ikan sebaiknya dikonsumsi rutin dengan dosis yang sesuai," ujar Christopher dalam diskusi kesehatan di Jakarta, Kamis (29/9).

Sumber Omega-3 yang menghasilkan Asam Eikosapentanoat (EPA), Asam Dokosaheksanoat (DHA), dan Asam Alfa Linoleat (ALA) terdapat dari tumbuhan dan beberapa ikan pilihan. EPA dan DHA ditemukan dalam ikan perairan dingin berlemak seperti hering, tuna, sardin, anchovi, salem, dan kod. Sedangkan ALA terkandung dalam minyak biji flax, minyak nabati tertentu, dan beberapa sayur berdaun.

Christopher juga menyarankan suplemen Omega-3 lainnya seperti Nordic Naturals. Cara ini jauh lebih sederhana ketimbang memakan banyak ikan dalam jumlah banyak dalam sehari.

"Dua kapsul lunak Nordic Naturals Ultimate Omega sebanding dengan mengonsumsi 1,5 kaleng sardin atau 44 gel lunak biji flax 1000 mg, atau 10 ons kantung biji flax," terangnya.

(WIL/ULF)

0 komentar:

Posting Komentar