Pages

Gawat! Diabetes Bisa Picu Kanker

Gawat! Diabetes Bisa Picu Kanker
Headline
forbes.com

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang dengan diabetes memiliki risiko cukup tinggi terkena kanker usus.

Peneliti yang dipimpin oleh Hiroki Yuhara dari University of California, Berkeley, menggabungkan hasil 14 studi internasional dan menemukan bahwa secara keseluruhan, orang dengan diabetes, 38% lebih mungkin didiagnosis terkena kanker usus besar daripada mereka yang tidak mengidap diabetes.

Bahkan berdasarkan temuan yang dipublikasikan dalam American Journal of Gastroenterology itu, sekitar 20% pengidap diabetes juga bisa terkena kanker dubur, meskipun itu tampaknya akan terbatas kepada laki-laki.

"Data ini menunjukkan bahwa, diabetes melitus memiliki risiko untuk terkena kanker usus besar dan dubur," kata Yuhara dan rekan-rekannya.

Seperti dikutip Reuters, dalam kebanyakan studi, para peneliti menyesuaikan beberapa faktor yang mungkin menjelaskan hubungan antara diabetes dan kanker, seperti usia tua, obesitas dan kebiasaan merokok.

"Saya pikir kita bisa membuat pernyataan bahwa, diabetes secara konsisten dikaitkan dengan kanker kolorektal. Aspek sebab-akibat agak sulit untuk dipertimbangkan karena diabetes adalah penyakit kompleks," kata Edward Giovannucci dari Harvard School of Public Health.

Dia mengatakan ada kemungkinan bahwa beberapa aspek diabetes memberikan kontribusi untuk kanker usus besar, tapi tidak yakin apa. Namun satu teori menyebutkan, adanya keterlibatan hormon.

Orang dengan diabetes cenderung memiliki tingkat gula darah untuk mengatur hormon insulin. Hormon insulin menyebabkan sel untuk tumbuh dan menyebar, dan yang mungkin mencakup sel-sel kanker.

Namun bagi orang dengan faktor risiko kanker usus besar, seperti sejarah kanker dalam keluarga yang kuat, disarankan untuk memulai pemeriksaan awal.

"Untuk saat ini, saya sarankan lebih baik orang fokus untuk mempertahankan berat badan dan berolahraga secara teratur," kata Giovannucci.

0 komentar:

Posting Komentar