Pages

Ahli Ungkap 'Senjata' Ampuh Halau Stres

Ahli Ungkap 'Senjata' Ampuh Halau Stres
Headline
dailymail.co.uk

London – Semua orang pasti pernah merasa sedang dalam kondisi tertekan. Kini, ahli memberikan senjata ampuh untuk mengatasinya. Apa itu?
Menurut penulis dan asisten profesor Ryan Adams di Cincinnati Children’s Hospital Medical Centre, saat berada dalam kondisi ini, hal terbaik yang bisa dilakukan adalah menemui teman terdekat. Keberadaan mereka akan mengurangi tingkat tekanan, katanya.
“Salah satu hal menarik dari temuan ini adalah, hal ini tak bisa terjadi pada semua teman, hanya teman terdekat,” lanjutnya seperti dilaporkanDailymail. Ratusan anak usia 10-12 diminta mengisi diari lima kali sehari selama empat hari di sekolah.
Selain itu, anak-anak ini diminta memberi peringkat pada apa yang mereka rasa pada 20 menit terakhir apakah mereka sendiri atau bersama orang tua, saudara, teman terdekat, teman, teman kelas, orang asing, guru atau orang lain.
Anak-anak ini juga diminta memberi sampel air ludahnya guna mengukur hormone stres cortisol. Peneliti menemukan, keberadaan teman terdekat mampu menghalau efek fisik pengalaman negatif dan cortisol yang muncul hanya sedikit.
Tanpa keberadaan teman terdekat, tingkat cortisol meningkat. “Temuan ini juga berlaku pada orang dewasa. “Persahabatan memegang peran penting secara sosial, emosi dan kognitif,” tutup psikolog edukasi Dr Karen Majors dari Barking and Dagenham Community Educational Psychology Service.

0 komentar:

Posting Komentar