Pages

Otak-Otak Bandeng Menu Favorit Bulan Puasa

Otak-Otak Bandeng Menu Favorit Bulan Puasa  

Mohammad Khodim
01/08/2011 13:08 | Kuliner Ramadan
Liputan6.com, Gresik: Otak-otak bandeng adalah satu menu favorit di bulan Ramadan. Tak aneh, bila kemudian para pedagang otak-otak bandeng mendapat omzet yang melonjak dua kali lipat dibanding biasanya. Boleh jadi hal itu lantaran kelembutan daging dan aroma bumbunya yang khas serta tergolong praktis dan siap saji.

Otak-otak yang laris tersebut salah satunya adalah otak-otak bandeng produksi Muzanah. Lokasi otak-otak Muzanah terletak di Jalan Sindujoyo, Desa Kroman, Kecamatan Gresik, Jawa Timur. Kepada SCTV, Senin (1/8), ia mengaku sejak awal Ramadan, order penjualannya melonjak dua kali lipat.

Dalam kondisi normal, ia setiap hari hanya membutuhkan 200 ekor ikan bandeng. Kini, seiring naiknya order pesanan, dalam sehari bisa menghabiskan sampai 400 ekor ikan bandeng. Kunci aroma dan sensasi kelezatan otak-otak bandeng ini terjaga lantaran proses pembuatannya masih menggunakan alat tradisional dan racikan bumbu yang khas.

Proses pembuatan otak-otak bandeng diawali dengan memisahkan ikan bandeng dari kulit dan dagingnya, serta durinya. Selanjutnya, daging bandeng dihaluskan kemudian dicampur dan diaduk jadi satu dengan racikan bumbu khas di antaranya cabai rawit merah, bawang merah, bawang putih, daun bawang, dan lengkuas.

Setelah itu, adonan daging dan bumbu dimasukkan kembali ke kulit bandeng, lalu dipanggang dengan arang dengan daun pisang agar aroma menyatu. Selain sebagai menu hidangan buka puasa dan santap sahur, otak-otak bandeng juga banyak diminati sebagai oleh-oleh. Terutama, para pengunjung dan tamu dari daerah luar kota yang kebetulan singgah di Gresik.(BJK/ANS)

0 komentar:

Posting Komentar