Pages

Sengatan Geli Renang Bersama Ubur-Ubur

Sengatan Geli Renang Bersama Ubur-Ubur

Pasha Ernowo - Okezone
(Foto: bional.blogspot)
(Foto: bional.blogspot)
JIKA Anda takut dengan sengatan ubur-ubur, coba mampir ke Danau Ubur-Ubur (Jellyfish Lake). Di sini, Anda akan menikmati sensasi berbeda bersama binatang lunak ini.

Danau Ubur-Ubur terletak di Pulau Eil Malk. Pulau ini merupakan bagian dari salah satu negara terkecil dan termuda yakni Republik Palau, sebuah negara yang terdiri dari kumpulau pulau berlokasi di Lautan Pasifik. Dilihat dari permukaannya, Danau Ubur-Ubur tampak seperti danau pada umumnya.

Namun ketika menyelaminya, Anda akan menemukan ribuan bahkan jutaan ubur-ubur berenang. Yang menarik adalah kesemua ubur-ubur tidak beracun dan tidak berbahaya sehingga sangat memungkinkan bagi pengunjung untuk berenang bersama mereka.

Ubur-ubur tidak lagi beracun lantaran tinggal di danau yang jauh dari ancaman mahkluk predator. Alhasil, sengatan mematikannya menjadi tak berguna dan mengalami suatu evolusi. Jadi, berenang bersama mereka dipastikan aman.

Ada dua spesies ubur-ubur yang ditemukan di Danau Jellyfish, yaitu golden jellyfish (Mastigias Papua) dan moon jellyfish (Aurelia Aurita). Kesemua jenis ubur-ubur tetap memiliki nematocytes (sel sengatan), tapi jumlahnya terlalu sedikit untuk membahayakan manusia. Sesekali perenang bisa mendapati pengalaman mendapat sengatan, terutama dari bayi ubur-ubur, tapi sama sekali tidak berbahaya.

Berenang dan snorkeling (menyelam dengan alat selam sederhana) diperbolehkan sedangkan scuba diving (menyelam menggunakan tabung) sangat dilarang karena beberapa hal. Anda tak membutuhkannya karena pemandangan jutaan ubur-ubur tak jauh dari permukaan danau. Alasan lainnya, jika penyelam berenang di bawah ubur-ubur, gelembung udara yang dihasilkan tabung akan mengenai mereka yang akan membahayakan keberadaan dan merusak ekosistemnya.

Berdasarkan fenomena alam dan misteri dalam ilmu pengetahuan terhadap Danau Ubur-ubur, berenang bersama ubur-ubur dengan aman merupakan pengalaman yang tak mungkin didapat di tempat lain, di bagian dunia manapun. Jika ingin menyelami Danau Ubur-Ubur, pengunjung diharuskan membayar USD35 (sekira Rp300 ribu).
(ftr)

0 komentar:

Posting Komentar