Pages

Wisata sambil Belajar di Taman Pintar

Wisata sambil Belajar di Taman Pintar

Sabtu, 27 Agustus 2011 - 11:30 wib
Pasha Ernowo - Okezone
Taman Pintar (foto: miktamlilo.blogspot.com)
Taman Pintar (foto: miktamlilo.blogspot.com)
YOGYAKARTA memang pantas disebut sebagai Kota Pelajar. Tak hanya memiliki berbagai tempat pendidikan yang bagus, kota ini juga menjadikan tempat wisata sebagai salah satu sarana edukasi.

Taman Pintar Yogyakarta ini dibangun gabungan swasta dan pemerintah provinsi DI Yogyakarta. Pembangunannya dimulai sejak Mei 2006 dan diresmikan pada 9 Juni 2007.

Semua peragaan tidak hanya dapat dilihat saja, akan tetapi juga bisa disentuh dan dimainkan pengunjung. Sehingga taman pintar ini akan merangsang rasa ingin tahu, menumbuhkan kesadaran akan pentingnya iptek, memancing kreatifitas dan meningkatkan gairah belajar mata ajaran ilmu-ilmu dasar seperti matematika, fisika, kimia dan biologi.

Dengan mengusung Motto Taman Pintar nampak sederhana yakni tiga-N “Niteni, Nirokake, Nambahi”, sesungguhnya memiliki kedalaman filosofi Ki Hadjar Dewantara. Dalam konteks masa kini, filosofi itu ada konsekwensinya dengan proses transfer teknologi yang mengacu pada konsep three-A yaitu “Adopt, Adapt, Advance”.

Disebut Taman Pintar karena di kawasan ini siswa mulai pra sekolah sampai SLTA bisa dengan leluasa memperdalam pemahamannya soal materi pelajaran yang diterima di sekolah dan berekreasi.

Pendekatan untuk menyampaikan ilmu pengetahuan alam dan teknologi dilakukan melalui berbagai media dengan tujuan meningkatkan penghargaan terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi. Secara garis besar materi isi Taman Pintar terbagi menurut kelompok usia dan penekanan materi.

Menurut kelompok usia terbagi atas usia tingkat pra sekolah hingga taman kanak – kanak dan sekolah dasar hingga sekolah menengah, sedangkan menurut penekanan materi diwujudkan dalam interaksi antara pengunjung dengan materi yang disampaikan melalui anjungan yang ada.
(uky)

0 komentar:

Posting Komentar