Pages

Banyak Orang Belanda Mimpi Punya Gunung

Banyak Orang Belanda Mimpi Punya Gunung



Ilustrasi. Kincir Angin di Belanda.



Tahukah Anda bahwa banyak orang Belanda bermimpi memiliki gunung? Dataran tertinggi di Belanda hanyalah gundukan tanah di Vaalserberg, Limburg, yang hanya setinggi 323 meter.
Zonneveld (30) bermimpi membangun gunung tiruan berukuran lebar 5 kilometer dengan tinggi hingga 2 km, yang lebih tinggi gedung terjangkung di dunia, Burj Khalifa, di Dubai, (828 meter). Zonneveld belum mengungkapkan berapa dana dan apa material yang digunakan agar gunung buatan itu dapat berdiri.
Gayung bersambut, asosiasi insinyur dan pencinta alam mendukung upaya ini. ”Proyek ini dapat dilakukan dan kami orang Belanda memiliki kemampuan memindahkan tanah dan pasir dari proyek reklamasi. Hanya diperlukan beberapa bola salju untuk mendukung proyek ini,” ujar Anthony van Dongen, anggota asosiasi insinyur.
Jika benar dilaksanakan, proyek ini akan menggairahkan sektor properti Belanda yang terpukul karena penurunan ekonomi. ”Secara teknis ini dapat dilakukan. Masalah utama adalah lingkungan, tetapi ini bisa diatasi dalam beberapa bulan,” ujar Zonneveld yakin. (Reuters/Joe)

0 komentar:

Posting Komentar