Pages

Nikmatnya Sop Buntut Cengkeh

Nikmatnya Sop Buntut Cengkeh



Sop buntut bumbu cengkeh di Kendal, Jawa Tengah
 
Kalau Anda sangat suka kuliner berkuah, datang saja ke Kendal, Jawa Tengah.
Di kota yang jaraknya hanya sekitar 35 kilometer dari ibu kota Jawa Tengah, Semarang, itu, tepatnya di Jalan Pantura Jambearum, ada rumah makan sop buntut bumbu cengkeh khas Kendal. Kuah sop, dicampur dengan rempah-rempah seperti pala dan cengkeh.
Diyakini, sop buntut dengan bumbu cengkeh ini, bisa menambah nafsu makan dan menyegarkan tenggorokan. Resep ini, diakui oleh pemilik warung makan, Suwignyo, sudah ada sejak puluhan tahun lalu dan menjadi andalan warung yang dikelolanya.
"Ini khas sop buntut rumah makan kami," kata Suwignyo.
Penyajian sop buntut bumbu cengkeh, diakui oleh Suwignyo, tergolong mudah. Ekor sapi dipotong-potong dan direbus hingga lima jam sampai daging empuk. Bumbu yang digunakan untuk kuahnya, terdiri atas bawang merah, bawang putih, dan pala, dihaluskan bersama. Untuk menambah rasa khasnya, ditambah cengkeh saat merebus bumbu yang sudah dihaluskan itu.
"Tentu juga ada bumbu lain yang kami rahasiakan, sebab ini memang rahasia perusahaan," katanya.
Sop buntut bumbu cengkeh ini, lebih nikmat disajikan dengan irisan wortel dan tomat, serta diberi keripik kentang. Untuk menikmati sop buntut bumbu cengkeh ini, pelanggan hanya mengeluarkan uang Rp 20.000.

kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar