Pages

'Duplikat' Pantai Genting di Pesisir Selatan

'Duplikat' Pantai Genting di Pesisir Selatan

Pasha Ernowo - Okezone
Pantai Carocok (foto: julaihobbies.wordpress.com)
Pantai Carocok (foto: julaihobbies.wordpress.com)
PANTAI Genting Island dikenal indah. Tapi Indonesia juga memiliki pantai yang sering disebut sebagai duplikasi pantai kebangsaan Malaysia itu, yaitu Pantai Carocok.
Pantai ini terletak 2 km dari pasar Painan. Pantai ini memang sudah sangat populer di Sumatera Barat. Pantai Carocok ini menjadi objek wisata utama di Kabupaten pesisir Selatan.

Banyak yang beranggapan keindahan Pantai Carocok Painan ini tidak kalah dengan keindahan Pantai Genting Island di Malaysia, bedanya Genting Island sudah dikelola dengan profesional.

Dalam kawasan pantai Carocok Painan ini juga terdapat sebuah pulau batu karang yang tersambung dengan ujung Bukit Langkisau, yaitu pulau Batu Kereta.

Pulau Batu Kereta, pulau ini merupakan ujung dari bukit Langkisau ke arah laut. Pulau ini terhubung dengan daratan pantai Carocok, dahulu sebelum dibangun jembatan pulau batu kareta ini hanya bisa dicapai dengan jalan kaki disaat pasang lagi surut. Dan pada saat air laut pasang Batu Kareta ini menjadi sebuah pulau yang terpisah dari daratan pantai Carocok.

Menurut cerita yang tua-tua asal nama Batu Kareta diambil dari bentuk batu yang mirip dengan jejak roda sepeda (kereta) yang terdapat pada ujung selatan pulau batu kereta ini. Ada yang bilang itu jejak sepeda orang Portugis, adapula yang bilang itu jejak sepeda dari tuan-tuan Belanda yang turun di pulau batu kereta tersebut sebelum masuk ke Painan.

Tapi cerita tersebut hanya cerita belaka, yang sesungguhnya terjadi adalah jejak-jejak tersebut terjadi karena gerusan air laut yang ombaknya menghempas pada batu tersebut, yang dari tahun ketahun terus mengikis batu karang tersebut.
(uky)

0 komentar:

Posting Komentar