Pages

Tertangkap Kamera, Cara Cerdas Ikan Dapat Makanan

Tertangkap Kamera, Cara Cerdas Ikan Dapat Makanan
Headline
dailymail.co.uk
Oleh: Billy A. Banggawan
Penyelam profesional berhasil mengabadikan gambar pertama menampilkan ikan menggunakan alat. Ikan cerdas ini menggunakan alat untuk mendapat makanan.
Saat sedang menjelajah Karang Penghalang Besar Australia, penyelam Scott Gardner mendengar suara ketukan dari dasar laut. Saat menyelam turun, ia takjub melihat ikan blackspot tuskfish (Choerodon Schoenleinii) membawa kerang di mulutnya dan memukul-mukulkannya ke batu.
Tak lama, kerang pecah dan ikan bisa makan kerang tersebut. Beruntungnya lagi, penyelam ini berhasil mengambil gambar peristiwa yang mampu menjadi bukti untuk membuktikan ikan bisa menggunakan alat.
Ekolog perilaku Culum Brown dari Macquarie University di Sydney mengatakan seperti ditulis Dailymail, "Gambar ini memberi bukti menakjubkan betapa pintarnya ikan menggunakan alat untuk mencari makan."
Penggunaan alat telah lama dianggap sebagai tanda intelijen manusia. Namun dalam dekade terakhir, sejumlah hewan mulai menunjukkan kemampuan serupa. Misalnya seperti pada primata yang menggunakan batu untuk membuka kacang.
Namun hingga kini belum ada bukti terdokumentasi terjadi pada ikan. Beberapa ahli beranggapan, penggunaan alat pada hewan harus dibawa oleh hewan itu. Karena ikan tak memiliki ‘tangan,’ Brown berharap definisi ini bisa dilonggarkan lagi. [mor]

0 komentar:

Posting Komentar