Pages

Ini Dia Sang Pembunuh di Usia Muda

Ini Dia Sang Pembunuh di Usia Muda
Headline
IST
Oleh: Dahlia Krisnamurti

Serangan jantung yang dianggap sebagai pembunuh nomor satu di Indonesia tidak hanya menyerang usia lanjut. Penyakit ini kini juga mulai menyambangi mereka yang berusia muda.

Penyakit jantung koroner (PJK) sebelumnya memang dimonopoli oleh orangtua, terutama mereka yang telah berusia 60 tahun keatas, namun sekarang ini, justru ada kecenderungan juga diderita oleh orang yang berusia dibawah 40 tahun. Mengapa demikian ?

Sebuah studi menemukan fakta yang membuktikan bahwa stres akibat banyak pekerjaan juga bisa menjadi faktor penyebab sakit jantung tanpa membedakan usia.

Penelitian yang dilakukan oleh University College London tersebut menemukan, dua per tiga dari karyawan di bawah usia 50 tahun yang mengalami stres di tempat, cenderung lebih mudah terkena serangan jantung.

Para karyawan yang memiliki beban kerja banyak tapi sedikit dalam kontrol terhadap berbagai keputusan yang mempengaruhi kehidupan kerja mereka dilaporkan 68% lebih cenderung menderita penyakit jantung koroner. Dibandingkan, dengan karyawan yang memiliki beban kerja dan tingkat stres lebih rendah.

Tim peneliti memonitor selama 12 tahun atas lebih dari 10 ribu orang yang bekerja di sektor pelayanan publik. Dan, menyimpulkan bahwa pekerjaan yang "stresful" mempengaruhi secara langsung kondisi biologis tubuh seseorang.

Intensitas tuntutan-tuntutan yang tinggi di tempat kerja juga menyebabkan orang merokok, makan tidak teratur dan minim aktivitas fisik yang semuanya itu terkait dengan meningkatnya risiko pada penyakit jantung.

Gaya hidup picu serangan jantung

Selain stres di tempat kerja, faktor gaya hidup tidak seimbang seperti olahraga tidak teratur, merokok, kurang istirahat karena rutinitas padat, serta pola makan tidak sehat seperti banyak mengonsumsi gula tidak sesuai dengan porsi yang diharuskan dapat memicu serangan jantung di usia muda.
Disamping unsur bawaan seperti riwayat keluarga, umur, jenis kelamin dan ras.

Serangan jantung terjadi ketika aliran darah ke suatu bagian otot jantung terhalang. Jika aliran darah tidak bisa diperbaiki dengan cepat, bagian dari jantung tersebut akan rusak karena kekurangan oksigen dan bisa mengakibatkan kematian.

Gejala penyakit jantung koroner biasanya ditandai dengan nyeri dada hebat dan mendadak, yang tidak bisa hilang dengan obat nyeri biasa.

sumber : inilah.com

0 komentar:

Posting Komentar