Pages

Ini Dia 'Perempuan' Hebat yang Mengubah Dunia

Ini Dia 'Perempuan' Hebat yang Mengubah Dunia
Headline
time.com
Oleh: Dahlia Krisnamurti
Banyak perempuan yang telah menjadi ibu tidak serta merta berkecimpung dalam urusan rumah tangga saja.

Namun, kebanyakan perempuan masih mampu menunjukkan eksistensinya. Tak hanya di keluarga, para ibu 'luar biasa' ini juga mampu memberikan sebuah perubahan bagi dunia. Siapa mereka ?

Aung San Suu Kyi

Hanya sedikit orang yang rela berkorban begitu besar untuk berjuang, salah satunya adalah Aung San Suu Kyi. Dia adalah simbol demokrasi Myanmar. Usahanya pun membuatnya memenangi Nobel Perdamaian pada 1991 atas perjuangan tanpa kekerasan bagi hak asasi manusia. Demi kebebasan rakyat Myanmar, Suu Kyi menghabiskan 15 tahun dalam tahanan dan kehilangan waktu berharganya dengan dua anak dan suaminya, Michael Aris, yang meninggal pada 1999.

Penahanannya berakhir pada November 2010. Meskipun dia tidak bisa menerima Nobel karena tengah dipenjara, putranya menggambarkan dedikasi sang ibu bagi Myanmar.

"Saya tahu bahwa dia akan mulai dengan mengatakan bahwa ia menerima Hadiah Nobel Perdamaian bukan atas namanya sendiri, melainkan atas nama rakyat Burma. Berbicara sebagai anak, saya pribadi percaya bahwa dengan dedikasi dan pengorbanan pribadi, beliau telah menjadi simbol yang layak bagi semua rakyat Myanmar."

Susan Hockfield

Sebagai presiden perempuan pertama dari Institut Teknologi Massachusetts (MIT), Susan Hockfield menunjukkan kepada putrinya bahwa tidak ada batasan untuk dedikasi, kecerdasan, dan kerja keras bagi seorang permpuan.

Seiring dengan posisi bergengsinya di Yale sebagai profesor neurobiologi dan Dekan Sekolah Pascasarjana sekaligus presiden dari MIT, penelitian ilmiah Susan berfokus pada kanker otak.

Hal itu pun membuatnya menerima berbagai penghargaan atas kontribusi ilmiah dan prestasi profesional. Di bawah kepemimpinannya di MIT, Susan telah menjadi pendukung besar bagi penelitian kolaboratif, terutama di bidang energi, pendidikan, dan kanker.

Kate Winslet

Aktris asal Inggris dan ibu dari dua anak ini berhasil mendapatkan enam nominasi Academy Award sebelum akhirnya dinobatkan menjadi aktris terbaik dalam film Reader. Winslet sebelumnya juga terbilang sukses membintangi banyak film hit di Hollywood. Sebut saja Titanic, Eternal Sunshine dari Spotless Mind, Revolutionary Road, dan Sense and Sensibility.

Namun, ia mendapatkan sesuatu yang special dari film Babble karena perjuangan melawan masalah citra tubuh. Kala mempertontonkan tubuhnya di The Reader, Winslet mengatakan kepada pers, "Saya hanya tidak percaya pada kesempurnaan. Tapi aku percaya ini adalah saya dan saya tidak sempurna! Saya bangga dengan itu." Pada 2012, Winslet akan diberikan kehormatan di Walk of Fame Holllywood.

Hadizatou Mani

Ketika berusia 12 tahun, Hadizatou Mani dijual keluarganya seharga US$500 untuk dijadikan budak. Ia menghabiskan waktu 10 tahun yang menyakitkan dan baru mendapatkan kebebasannya di usia 22 tahun.

Ia kini masih berjuang untuk para perempuan di tanah airnya, Nigeria, yang terancam perbudakan meski sudah dinyakan ilegal. Hadizatou Mani juga pernah memenangi gugatan terhadap negaranya pada 2008 yang menyatakan bahwa Nigeria tidak menegakkan hukum-hukum kebebasan.

"Saya tahu ini adalah satu-satunya cara untuk melindungi anak saya dari penderitaan yang pernah saya alami. Tidak ada orang yang pantas untuk diperbudak," ungkapnya.

0 komentar:

Posting Komentar