Pages

Ini Dia Penyebab Kerusuhan Inggris

Ini Dia Penyebab Kerusuhan Inggris

Headline
dailymail.co.uk
Oleh: Vina Ramitha
Jumat, 12 Agustus 2011 | 14:41 WIB
London – Perdana Menteri (PM) Inggris David Cameron menyatakan, tak ada hubungan antara kerusuhan dan penjarahan dengan kematian Mark Duggan, pemuda yang tertembak polisi hingga tewas.
Dalam pernyataan kepada parlemen, Cameron menyatakan tak masuk akal jika kerusuhan dan penjarahan yang bermula di London itu diakibatkan kematian Duggan. Pemuda 29 tahun itu tewas tertembak polisi di Tottenham.
Sepeninggal Duggan, terjadi unjuk rasa damai yang dipahami serta mendapat izin dari polisi. Namun, menurut Cameron, kesempatan ini digunakan oleh para berandalan yang pertama di Tottenham. Akhirnya, menyebar ke penjuru London dan menulari kota-kota lain.
“Benar-benar tak masuk akal jika orang-orang ini menjarah di Tottenham pada akhir pekan dan tiga hari kemudian di Salford, karena kematian Mark Duggan,” kata Cameron, seperti dikutip dari rilis Kedutaan Besar Inggris di Jakarta, Jumat (12/8).
“Anak-anak muda mencuri televisi dan membakar pertokoan bukan karena politik atau protes. Ini semua pencurian. Polisi menghadapi para pelanggar hukum di jalanan dalam skala yang belum pernah terjadi pada beberapa dekade,” lanjutnya.
Ia juga menyatakan, berbagai kerusuhan dan kekerasan serta penjarahan ini sedang diselidiki secara menyeluruh oleh pihak berwajib di negaranya. Kepolisian juga telah menjelaskan kepadanya, mengenai apa yang sebenarnya terjadi.
“Awalnya, polisi menganggap situasi ini masalah ketertiban publik semata, bukan kriminal. Nyatanya, polisi menghadapi tantangan baru yang dilakukan beberapa orang, pada dasarnya menjarah, di tempat berbeda dan pada waktu bersamaan,” tuturnya.

inilah.com

0 komentar:

Posting Komentar