Pages

Efek Dahsyat Senyuman

Efek Dahsyat Senyuman

Setidaknya ada tujuh alasan penting yang mungkin memengaruhi Anda untuk tak pelit senyum.

Senin, 1 Agustus 2011, 14:28 WIB
Pipiet Tri Noorastuti, Lutfi Dwi Puji Astuti
tersenyum bahagia (inmagine)

Jangan ragu menebar senyum pada orang di sekeliling Anda. Meski sederhana, ekspresi keceriaan ini memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan.

Senyum akan mengaktifkan sejumlah elemen tubuh yang memicu pelepasan dopamin, hormon penumbuh rasa bahagia. Setidaknya ada tujuh alasan penting yang mungkin bisa memengaruhi Anda untuk tak pelit tersenyum, seperti dikutip dari laman Shine:
1. Senyum mencipta bahagiaMeski sepele, tersenyum pada orang lain terkadang bukan perkara mudah. Tapi, coba lakukan walau suasana hati sedang galau. Sebab, peningkatan hormon dopamin yang tercipta akan mengelabui tubuh dan pikiran atas kegundahan yang terjadi. Apalagi ketika senyum Anda terbalas orang lain, rasa bahagia pun berlipat.

2. Senyum usir stresSaat stres, otot-otot rahang biasanya terasa kaku, yang pada  tingkat tertentu dapat menyebabkan sakit kepala. Dengan tersenyum, stres bisa berkurang karena mampu membuat otot rahang sedikit relaks dan meminimalkan garis kerutan di dahi. Untuk itu, jangan ragu untuk tersenyum setiap hari.

3. Senyum tingkatkan sistem kekebalan tubuhKetika tersenyum, tubuh Anda secara alami merasa relaks. Ketika Anda relaks, sistem kekebalan tubuh pun dapat berfungsi secara optimal. Bahkan, membantu melawan pilek dan flu.

4. Senyum menurunkan tekanan darahTersenyum bisa menghilangkan ketegangan pikiran dan membuat otot-otot wajah relaks. Kondisi ini tak hanya meredam stres, tapi juga menstabilkan tekanan darah. Senyumlah selama lima menit sambil santai menikmati pemandangan atau bermain dengan hewan peliharaan. Anda akan merasakan perbedaan.

5. Senyum obat alami penyembuh sakitTersenyum membantu tubuh melepaskan endorfin alami dan serotonin yang bekerja sama untuk membantu tubuh merasa lebih baik dan meminimalkan sensasi sakit.

6. Senyum membuat awet muda
Tersenyum membantu melunakkan garis dan kerutan di dahi. Lupakan facelift dan metode kecantikan mahal lainnya. Cukup dengan sering melempar senyum, Anda mendapat obat mujarab untuk mempertahankan keremajaan kulit.

7. Tersenyum menumbuhkan percaya diri Tersenyum tak hanya menumbuhkan bahagia dalam diri sendiri, tapi juga menular pada orang sekeliling. Kondisi inilah yang pada akhirnya mencipta suasana yang tidak tegang. Dalam suasana relaks, rasa percaya diri pun otomatis meningkat karena mampu bekerja tanpa beban berlebih.

Jadi, jangan ragu menebar senyum!
(umi)
• VIVAnews

0 komentar:

Posting Komentar