Pages

Batu Karang Besar di Pantai Nan Elok

Batu Karang Besar di Pantai Nan Elok
Asep Candra 

ASITA SURYANTO / Pulau kecil yang bernama The Rock Island terhubung dengan jembatan dari Pantai Parai, Pulau Bangka.

ASITA SURYANTO / Pantai Parai, Pulau Bangka, didominasi batu-batu granit yang besar dan kokoh. Salah satunya bebatuan mirip binatang singa laut tidur.


ASITA SURYANTO / Matahari terbit di Pantai Parai, Pulau Bangka.

Ingin mencari pantai bersih dengan pasir putih, air laut yang bening, dan batu karang yang besar dan indah, namun tidak jauh dari Jakarta? Datanglah ke Pantai Parai Pulau Bangka. Dari Jakarta hanya memakan waktu selama 45 menit dengan pesawat menuju Kota Pangkalpinang, Pulau Bangka.
Dari Bandara Depati Amir, Pangkalpinang, Anda bisa menyewa taksi atau naik angkutan kota ke Pantai Parai dengan ongkos sekitar Rp 100 ribu. Jarak tempuh sekitar satu jam ke arah  Kota Sungaliat. Sepanjang perjalanan naik taksi ke Pantai Parai banyak dijumpai vihara kecil di Pulau Bangka.
Pemandangan Pantai Parai sangat berbeda dengan pantai lainnya di tanah air. Karena di sini pantainya didominasi batu-batu granit yang besar dan kokoh. Batu-batu tersebut banyak menjorok ke laut menyerupai ular dan pulau-pulau kecil bebatuan layaknya binatang tidur dari kejauhan.
Pasir yang putih, awan langit yang mengumpal putih di langit biru, dan air laut biru sangat indah dinikmati di siang hari untuk menghindari kejenuhan hidup di kota besar. Di sini kita bisa bermain air laut dan mandi berenang di sepanjang bibir pantai. Sebab, pantainya landai, pasirnya putih bersih, dan air laut yang bening. Anak-anak bisa membuat mainan istana pasir karena pasirnya yang putih kering.
Apabila mengajak keluarga, Anda bisa bermain petak umpet di sela-sela batu karang yang besar dan kokoh di sepanjang pantai. Terdapat banyak banyak batu yang besar-besar. Permainan pun menjadi makin seru karena saat bersembunyi di sela-sela batu karang akan susah untuk ditemukan.
Di atas batu-batu karang yang tersebar pengunjung juga dapat duduk-duduk santai merasakan nikmatnya buaian angin laut dan mendengar suara ombak laut. Lalu melihat dari jauh keindahan perahu-perahu kecil dari nelayan yang mencari ikan di tengah laut.
Tempat yang  unik di Pantai Parai adalah pulau kecil bebatuan yang dinamakan The Rock Island. Di tempat ini ada restoran seafood yang buka mulai siang sampai malam hari. Ada jembatan penghubung yang membelah laut menuju ke The Rock Island.
Makan seafood di antara bebatuan besar dan diterpa angin laut sangat nikmat serta memiiki sesansi tersendiri. Apabila malam hari lampu-lampu penghias jembatan penghubung dinyalakan sangat indah dilihat dari kejauhan.
Saat-saat matahari terbit adalah momen tepat melihat Pantai Parai yang indah. Matahari akan terbit sedikit demi sedikit menyembul dari balik pohon dan bebatuan karang-karang yang besar. Para fotografer yang suka berburu foto pantai tidak akan melewatkan saat matahari terbit ini.
Apakah Anda belum puas bermain air laut dan ingin mencari sensasi permainan pantai? Permainan banana boat dan jetski juga disediakan oleh pengelola hotel di Pantai Parai. Di Pantai Parai terdapat banyak pilihan hotel dan makanan pun mudah dicari. Makanan khas Bangka seperti empek-empek, tekwan, mi koba banyak dijual di Kota Sungailiat tidak jauh dari Pantai Parai. (Asita Suryanto)

0 komentar:

Posting Komentar