Pages

Ayam Goreng Kleco, Asli Ayam Kampung

Ayam Goreng Kleco, Asli Ayam Kampung

YUDI/WWW.DOYANMAKAN.COM / Ayam goreng Kleco.

YUDI/WWW.DOYANMAKAN.COMAyam goreng Kleco di Solo.
Dalam perjalanan dari Solo ke Yogyakarta siang itu, kami sempatkan mampir ke Ayam Goreng di daerah Kartosuro. Namanya adalah Ayam Goreng Kleco. Kata teman saya yang tinggal di Solo, ini adalah ayam goreng yang enak banget. Makanya kami sempatkan mampir untuk mencobanya. Penasaran kan?
Lokasinya berada di Jalan A.Yani 404, Solo, atau di Jalan Raya Solo Kartosuro (Pabelan). Rumah makannya cukup besar dan bersih kok, dan ramai sekali di dalamnya. Ayam yang digunakan oleh Kleco adalah ayam kampung. Rasa dan aroma ayam goreng kampung memang berbeda dengan ayam broiler. Kalau saya sih lebih suka daging ayam kampung, lebih gurih dan aromanya lebih khas. Menu di Kleco juga tidak banyak, hanya ada ayam goreng, rempelo ati, tahu-tempe, dan juga sayur asem.
Sebetulnya perut saya masih agak kenyang, karena soto yang saya makan tadi pagi. Tapi harum ayam gorengnya membuat iman saya goyah, akhirnya saya ikut-ikutan pesan ayam gorengnya juga, tapi tanpa nasi. Harganya cukup murah lho, untuk sepotong ayam gorengnya hanya Rp 8.000.
Ayam gorengnya berukuran sedang, tidak terlalu besar dan digoreng cukup kering. Aromanya... wuihh sedap banget. Pertama saya coba kulitnya dulu, renyah dan gurih banget. Berikutnya saya coba dagingnya, enak banget lho teman-teman. Bumbunya terasa, gurih banget, ada rasa asinnya juga, tapi bukan rasa asin yang berlebihan .... semuanya terasa pas bumbunya. Saya suka sekali dengan ayam goreng ala Kleco ini. Anda harus mencobanya kalau berkunjung ke Solo.
Saya setuju dengan teman saya, Ayam Kleco memang enak banget. Bahkan rasanya tidak cukup hanya makan sepotong ayam. Masih kepengen nambah lagi, tapi kami sudah kesiangan untuk menuju Yogyakarta. Yah apa boleh buat, saya tidak sempat menambah ayam gorengnya. Lain kali saya mau lagi mampir ke Kleco lagi, ayamnya gurih banget. (Ita)

0 komentar:

Posting Komentar