Pages

Gereja Terindah di Dunia I

Gereja Terindah di Dunia I

foto: Gereja Hallgrimskirkja, Islandia (kirkjukort.net)
foto: Gereja Hallgrimskirkja, Islandia (kirkjukort.net)
SELAIN sebagai tempat peribadatan umat Nasrani, banyak gereja-gereja di seluruh dunia yang memiliki arsitektur indah serta sejarah yang menarik di balik pembangunannya sehingga menjadi tujuan wisata.

Berikut adalah ulasan beberapa gereja terindah di dunia, seperti dikutip dari Travelphant:

Gereja Hallgrimskirkja, Islandia

Gereja ini merupakan gereja tertinggi dan terbesar di Islandia. Gereja ini memiliki tinggi 74,5 meter dan dibangun pada abad ke 17, dan membutuhkan waktu 38 tahun untuk pembangunannya. Bentuk gereja ini tidak biasa, mempresentasikan bentuk gunung api yang tinggi dan lancip diantara menara-menara gereja.

St Peter's Basilica, Vatikan

St Peter's Basilica merupakan bangunan keagamaan terbesar di dunia dan merupakan pusat agama Kristen terutama Kristen Katolik. Gereja ini meliputi area sebesar 2,3 hektare dan memiliki kapasitas hingga 60.000 jemaah. Kubah gereja ini didesain oleh Michaelangelo, alun-alun pelataran utamanya didesain Gian Lorenzo Bernini sedangkan arsitek keseluruhannya dirancang oleh Donato Bramante. Tidak heran arsitektur gereja ini membuat takjub siapapun yang melihatnya.

Katedral St Basil, Rusia

Katedral St Basil ini merupakan gereja ortodoks Rusia yang memiliki kubah-kubah berwarna-warni yang berbentuk seperti bawang. Kubah gereja ini menjulang tinggi dan menambah semarak langit Kota Moskow.

Katedral Las Lajas, Spanyol

Gereja yang memiliki arsitektur bergaya gothik ini dibangun di lereng sungai Guaitara. Katedral ini dibangun pada 1916, dan dipercaya merupakan tempat dimana bunda Maria pernah terlihat.

Hagia Sophia, Turki

Hagia Sophia awalnya dibangun sebagai gereja kristen, kemudian dibangun ulang untuk dijadikan Gereja Ortodoks Konstantinopel, lalu kemudian dialih fungsikan menjadi masjid ketika kota ini jatuh ke tangan Turki pada tahun 1453 dan kemudian akhirnya dijadikan museum.

Hagia Sophia adalah salah satu contoh arsitektur Byzantium yang bertahan, dengan kubah besar dan interior yang dihiasi mozaik, patung marmer, dan susunan batu cantik.

0 komentar:

Posting Komentar