Pages

Tadinya Gedung Tua, Sekarang Hotel

Tadinya Gedung Tua, Sekarang Hotel

KOMPAS IMAGES/NI LUH MADE PERTIWI F. 
Salah satu kamar di Hotel Ibis Surabaya Rajawali. Di salah satu dinding terpampang lukisan Gedung Cerutu di masa kejayaannya. Hotel ini memang berlokasi di Gedung Cerutu. Gedung Cerutu adalah kantor perusahaan gula yang dibangun tahun 1916.

KOMPAS IMAGES/NI LUH MADE PERTIWI F / .Lobi dari Hotel Ibis Rajawali Surabaya.
Kota Surabaya di Jawa Timur adalah gudangnya wisata sejarah. Ada banyak bangunan bersejarah yang masih berdiri apik di kota ini. Walaupun beberapa sudah “tenggelam” dan berganti rupa menjadi bangunan lain.
Salah satu gedung bersejarah yang tenar di Surabaya adalah Gedung Curutu. Gedung dengan menara merah yang berbentuk cerutu. Karena itulah, gedung tersebut dijuluki dengan Gedung Cerutu. Aslinya, Gedung Cerutu adalah kantor perusahaan gula yang dibangun tahun 1916.
Sayangnya, gedung itu sempat terbengkalai selama bertahun-tahun. Bangunan yang terabaikan seperti lembaran foto usang yang dilupakan. Hingga akhirnya sebuah kehidupan kembali bersinar di gedung ini. Ya, bangunan itu pun beralih fungsi menjadi hotel. Hotel Ibis menjadi biang keladinya.
“Tadinya ini kosong saja. Kami desain menjadi hotel. Jadi bangunan hotel kita ini masuk bangunan cagar budaya,” kata Promotion Support Hotel Ibis Surabaya Rajawali, Riza Ayuningtyas.
Dengan tetap mempertahankan keaslian bentuk bangunan, secara apik Hotel Ibis “menyulap” bangunan tua itu menjadi hotel dengan gaya khas kolonial Belanda. Tak heran, dari depan bangunan tersebut tampak seperti bangunan tua yang serasi dengan bangunan-bangunan tua lainnya di Surabaya. Hanya sebuah papan yang menunjukkan bahwa bangunan tersebut ternyata Hotel Ibis.
Hotel Ibis Surabaya Rajawali adalah hotel berbintang tiga. Kemegahan bangunan tua nan bersejarah terasa hingga area lobi. Walaupaun secara keseluruhan, hotel tersebut didesain dengan sederhana.
Ada dua jenis kamar yang tersedia di hotel ini, yaitu kamar Standard dan kamar Superior. Harga per kamar mulai dari Rp 500.000. Namun harga ini pun bisa berubah sewaktu-waktu tergantung tanggal Anda menginap. Bisa jadi, Anda mendapatkan harga lebih murah.
Hotel ini terletak di Jl. Rajawali No. 9-11, Surabaya. Posisinya yang sangat strategis sangat memudahkan para tamu yang ingin berkeliling Kota Surabaya. Apalagi, Jalan Rajawali ibarat kota tuanya Surabaya. Cukup keluar dari hotel dan aneka transportasi umum sudah siap membawa Anda menjelajahi Surabaya.
Ingin sedikit berpetualang? Naik saja becak atau angkutan umum yang biasa nongkrong di depan hotel. Pusat jajanan kuliner dan wisata sejarah pun mudah dicapai dari hotel ini. Ikon wisata sejarah Kota Surabaya yaitu Jembatan Merah sangat dekat dari Hotel Ibis Surabaya Rajawali.

0 komentar:

Posting Komentar