Pages

Penggila Kerja, Ternyata Rentan Gangguan Lambung

Penggila Kerja, Ternyata Rentan Gangguan Lambung
Headline
notestowomen
Oleh: Dahlia Krisnamurti

Gila kerja memang baik bila ditinjau dari segi produktivitas dan prestasi. Tapi sebaiknya Anda berhati-hati, karena pola kerja seperti ini dapat memicu timbulnya stres dan berdampak pada gangguan sistem pencernaan.

Biasanya para workhaholic bekerja tanpa mengenal waktu. Mereka lebih menomorsatukan pekerjaan. Sedikit saja pekerjaannya mengalami masalah, maka akan timbul rasa cemas yang berlebihan, dan bahkan berakhir dengan stres.

Umumnya gangguan lambung disebabkan oleh pola makan yang tidak teratur. Namun rasa cemas yang berlebihan juga merupakan sumber utama penyebab sakit maag. Rasa cemas yang diikuti stres dapat mempengaruhi sistem saraf pusat sehingga mengakibatkan gangguan motilitas (gerakan) lambung.

Pada dasarnya sekresi asam lambung dipengaruhi saraf dan hormon. Sistem saraf yang bekerja adalah saraf simpatis dan parasimpatis. Sedangkan hormon yang bekerja adalah hormon gastrin, histamin, somatostasin, serotonin dan glukagon.

Secara teknis rasa cemas akibat pekerjaan menyebabkan saraf simpatis bekerja lebih aktif menstimuli hormon cathecholamin. Alhasil hormon tersebut akan meningkat dan menyebabkan sekresi asam lambung melonjak pula.

Cara penanganannya

Pada kasus di mana stres sebagai penyebab gangguan lambung biasanya akan dilakukan beberapa prosedur diagnosis. Para dokter terlebih dahulu akan mencari tahu riwayat timbulnya penyakit pada si penderita.
Tahap selanjutnya dilakukan pemeriksaan fisik dan laboratorium.

Biasanya dokter juga akan melakukan pemeriksaan gastroduodenoskopi dan biopsi yang kemudian dilanjutkan dengan diagnosis banding dengan kasus gangguan lambung akibat sebab lainnya.

Meskipun penyakit maag mudah ditanggulangi bila sudah diketahui penyebabnya. Namun tidak ada salahnya jika Anda mencegahnya sejak dini.

Cara mudah agar terhindar dari penyakit ini adalah dengan memperbaiki pola makan, gaya hidup dan menjauhi stres. Kerjakan semua tugas kantor dengan tenang sehingga Anda jauh dari rasa cemas berlebihan.
Berpikirlah positif, yakin bahwa hasil pekerjaan Anda adalah hasil terbaik yang bisa Anda berikan untuk perusahaan.

sumber : inilah.com

0 komentar:

Poskan Komentar