Pages

Kenali Si Penganggu Sistem Pencernaan

Kenali Si Penganggu Sistem Pencernaan
Headline
Sistem Pencernaan
Oleh: Dahlia Krisnamurti
Makanan dan minuman menjadi pilihan wajib bagi siapa pun untuk menjaga kesehatan sekaligus meneruskan keberlangusngan hidupnya.

Namun tidak semua makanan yang dikonsumsi aman untuk sistem pencernaan. Nah, berikut beberapa makanan yang diklaim dapat menganggu sistem pencernaan Anda :

Makanan berbumbu

Makanan Asia seperti Indonesia, India, China, dan Thailand terkenal gurih karena menggunakan banyak rempah. Meskipun ada beberapa orang yang mampu makan banyak makanan pedas, tapi ada pula yang tidak tahan terhadap pedas sehingga mudah mengalami gangguan pencernaan, mulas dan diare, terutama setelah makan besar.

Makanan asam

Tidak semua orang mampu makan makanan asam seperti tomat, jeruk, dan cuka. Bagi mereka yang sensitif akam mudah mengalami mulas atau sakit perut.
Adapun minuman yang mengandung kafein seperti teh, kopi, dan soda juga tergolong asam. Konsumsi minuman itu harus dibatasi jika Anda memiliki perut sensitif. Cobalah teh herbal sebagai gantinya.

Alkohol

Dalam jangka pendek, minum alkohol terlalu banyak dapat menyebabkan mulas, mual, sakit perut, dan muntah. Dalam jangka panjang, minum alkohol melebihi batas dapat merusak kerongkongan, lambung, pankreas, hati, dan usus.

Sorbitol

Bahan ini digunakan sebagai pemanis buatan pada beberapa makanan diet dan permen karet. Sorbitol juga ditemukan secara alami dalam plum, apel, dan buah persik. Namun juga bisa menyebabkan kram perut, angin dan diare.

Makanan berlemak

Bila sering dikonsumsi, makanan berlemak seperti gorengan dapat membuat sistem pencernaan bekerja ekstrakeras karena mereka membutuhkan waktu lebih lama untuk mencerna.
Makan makanan berlemak terlalu banyak atau terlalu sering dapat menyebabkan sakit perut. Apalagi jika mudah sekali mulas, Anda mungkin sebaiknya benar-benar menghindari gorengan.

0 komentar:

Posting Komentar