Pages

Alasan Mengejutkan Pria Menjadi Botak

Alasan Mengejutkan Pria Menjadi Botak
Headline
leimo.com
Oleh: Billy A. Banggawan
 ‘Serangan’ pada pria ini tak bisa dianggap remeh. Proses menuju kebotakan bisa cepat atau lambat. Namun tahukah Anda mengapa pria menjadi botak?
Male Pattern Hair Loss (MPHL) muncul dari satu hingga dua ‘pukulan’ pengaruh genetik (mungkin terkait lebih dari satu gen dan selalu berasal dari sisi maternal) serta perubahan hormonal saat dewasa.
Hormon pria dihydrotestosterone menyebabkan rambut tua pada kulit kepala digantikan rambut yang lebih pendek dan tipis dalam pola yang tak terduga, mulai dari pelipis hingga ubun-ubun kepala.
Faktanya, kecenderungan botak menyatakan hilangnya rambut seseorang (pernah) memiliki keuntungan evolusioner. Karena pasangan dipilih berdasarkan nilai genetiknya, sifat fisik yang memamerkan ‘ketajaman’ genetik cenderung menyebar di seluruh spesies.
Kepala yang bersinar menunjukkan seorang pria berada dalam tahap fisik dan kematangan sosial yang maju. Hal ini bisa mendorong peningkatan status dalam kelompok sosial juga perilaku kurang agresif dibanding pria lain.
Dalam hal ini, pria botak dianggap telah melewati tahap aktivitas seksual tinggi dan cenderung lebih mengayomi kelompok yang muda. Hal inilah yang bisa dijadikan sebagai nilai jual pada wanita yang sedang mencari pasangan seperti dilaporkan livescience.

0 komentar:

Posting Komentar